WELCOME |Terimakasih telah berkunjung semoga bermanfaat|by: anonymous

Jumat, 10 Januari 2014

HTML Link (Hyperlink)

 Selamat beraktivitas bagi pengunjung yang membaca tutorial HTML Link(Hypelink). Pada kesempatan ini saya akan membahas cara membuat dan menggunakan HTML Link dan beserta tag-tag yang digunakan.
Hyperlink atau sering di singkat dengan link. Pada dasarnya link mempunyai arti sama yaitu terkait/bersinambung. Namun, Jenis link ada yang jika di klik berubah halaman, atau jika diklik ke beda letak/paragraf dalam satu halaman.
Pada Hyperlink ini kita menggunakan tag anchor.
Anchor link adalah suatu link dalam satu halaman html yang digunakan untuk artikel yang cukup panjang. Sehingga pembaca tidak perlu men-scroll lama untuk menuju paragraf yang diinginkan. Yang kerap menggunakan adalah wikipedia.org salah satunya.Penjelasan singkat code anchor link html:

<a name=”NamaAnchor”> …. </a>      */ Objek Anchor /*
<a href=”#NamaAnchor”> …. </a>       */ link pemanggil Anchor/*
Anchor link menghubungkan suatu tulisan dengan tulisan yang lain dalam satu halaman html yang diberi tag <a> dengan atribut <a name=”">. Dan kode pemanggilnya kita tambahkan tanda”#” untuk tujuan link. Dengan demikian lebih cepat untuk menuju ke paragraf yang diinginkan. Anchor link lebih cepat karena tidak reload halaman ulang.
Oke kita liat saja kode html membuat anchor link satu halaman:
<html>
<head>
<head>
<body>
<a href=”#bab2″> Anchor link menuju BAB 2 </a> */link pemanggil</a>
<a name=”bab1″> */bagian yang halaman yang dituju/*
<h2>
BAB I<br>
Belajar membuat link dalam satu halaman html.<br>
Belajar membuat link dalam satu halaman html.<br>
Belajar membuat link dalam satu halaman html .
</h2>
buku
<a href=”#bab1″> Anchor link menuju BAB1 < / a>
<a name= “bab2″>
<h2>
BAB II<br>
Belajar membuat link satu halaman html.<br>
Belajar membuat link satu halaman html.<br>
Belajar membuat link satu halaman html.</h2>
</body>
</html>

Keterangan: Dari kode html anchor diatas, jika tulisan “Anchor link menuju BAB 2″ diklik, maka akan menuju halaman bab ke 2. Dan jika link “Anchor link menuju BAB 1″ diklik  makan akan kembali keatas menuju paragraf/tulisan/isi ke bab 2. Nah sekarang agan2 coba saja kode html membuat link dalam satu halaman html di atas untuk lebih jelasnya. Kopas kode tersebut pada notepad atau text editor lainnya dan simpan dengan nama link-anchor.html. Lalu buka file tersebut dengan mozila firefox atau chrome dan coba klik linknya. Oke…Selamat mencoba….

0 komentar:

Posting Komentar